Rabu, 12 Oktober 2011

The Turk, Robot Mekanik Yang Bisa Bermain Catur

The Turk adalah boneka karya Wolfgang von Kempelen(seorang insinyur berkebangsaan Hungaria) sebagai persembahan untuk ratu Maria Theresia (ratu Austria). Kemampuannya setara dengan pemain catur profesional saat itu. Mesin buatannya membuat orang terkesima, mulai tahun 1770 sampai 1854.

Mesin yang dibuatnya memiliki bentuk manusia setengah badan dari pinggang ke atas, dan diberi jubah dan turban untuk menyamakan julukan mesin ini "The Turk - Manusia Turki". Boneka yang mampu berpikir ini pernah melawan kaisar Prancis Napoleon Bonaparte, Ratu Rusia ekaterina II dan menyebrang ke Amerika melawan Benjamin Franklin. Rahasia The Turk menjadi misteri dunia, orang kaya bernat membeli The Turk demi mendapatkan rahasianya, namun tidak ada yang membeberkan rahasia the turk. Tahun 1854 bersama dengan terbakarnya museum Amerika The Turk ikut terbakar.

Di zaman itu para pembeli tak membeberkan rahasia The Turk agar bisa menjualnya kembali, di zaman itu pun reiknya hanya memasukan orang yang jago catur kedalamnya. Konon The Turk adalah ilham diciptakannya komputer.

The Turk



Johann Wolfgang Ritter von Kempelen de Pázmánd

Interior mesin sangat rumit dan dirancang untuk menyesatkan orang-orang yang mengamati. Ketika dibuka di sebelah kiri, pintu depan lemari terkena sejumlah roda gigi, dan roda mirip dengan jarum jam. Bagian ini dirancang sehingga jika pintu belakang lemari itu terbuka pada saat yang sama orang bisa melihat melalui mesin. Sisi lain dari kabinet tidak mesin rumah; melainkan berisi bantal merah dan beberapa bagian dapat dilepas, serta kuningan struktur. Daerah ini juga dirancang untuk memberikan garis yang jelas dari visi melalui mesin. Bawah jubah model Turki, dua pintu lainnya tersembunyi. Mesin ini juga terkena jarum jam dan memberikan tampilan yang sama terhalang melalui mesin. Desain ini memungkinkan presenter mesin untuk membuka setiap pintu yang tersedia untuk umum, untuk mempertahankan ilusi.

Konstruksi The Turk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post