Rabu, 27 Oktober 2010

FN Herstal SCAR

Urusan pengadaan senjata baru bagi tentara Amerika Serikat memang perkara mudah. Baru tidak sekadar berlabel baru keluar dari pabrik, tapi baru dalam segala hal. Ya desain, ya teknologi. Hebatnya lagi, bagi AS untuk urusan seperti ini selalu disampaikan secara proporsional kepada publik. Tak heran ketika digelar ajang 2006 SHOT (Shooting Hunting Door) Show Februari lalu dan pameran persenjataan di Eurosatory, Paris, Juli silam, pandangan mata pengunjung tak lepas dari sebuah senapan baru. Senapan baru yang dirancang khusus untuk pasukan khusus AS itu diberi nama SCAR (Special Operation Forces Capable Assault Rifle).

FN Herstal memenangkan tender setelah menyisihkan COBB Manufacturing, Colt, Diemaco, Heckler & Koch (XM8), Knight Armament Company dan Robinson Armament (XCR).

FN Herstal membuat dalam dua versi. SCAR-Light (SCAR-L) kaliber 5,56x45mm NATO dan SCAR-Heavy (SCAR-H) kaliber 7,62x51 mm NATO. Uniknya, SCAR-H juga mampu mengadopsi peluru 7,62x39mm M43 Rusia dan 6,8x43 mm Remington SPC (Special Purpose Cartridge). SPC memiliki panjang sama dengan 5,56mm, namun untuk SCAR dibuat lebih berat, lebih besar serta enerji kinetik yang juga lebih.

Pada dasarnya SPC adalah balistik yang sama dengan kaliber 7,62x39mm Rusia yang digunakan pada AK-47. Komando Operasi Khusus AS (SOCOM) sebagai yang punya gawe, sudah melayangkan surat permohonan pembelian senapan baru ini sejak Oktober 2003. Kita tunggu keandalan SCAR di medan tempur. (ben)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post